Home / Ekonomi & Bisnis / Tingkatkan Kepatuhan Pajak, KPP Pratama Mamuju Gelar Sosialisasi & Monev di Pasangkayu

Tingkatkan Kepatuhan Pajak, KPP Pratama Mamuju Gelar Sosialisasi & Monev di Pasangkayu

Spread the love

MAMUJU, RAKYATTA.CO — Dalam rangka meningkatkan kepatuhan wajib pajak Pemerintah Daerah, KPP Pratama Mamuju mengadakan sosialisasi Peraturan Menteri Keuangan -85/PMK.03/2019 tentang Mekanisme Pengawasan Terhadap Pemotongan/Pemungutan dan Penyetoran Pajak Atas Belanja yang Bersumber Dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh bendahara pemerintah daerah dan seluruh Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) di lingkungan OPD pemerintah daerah Pasangkayu. Selasa, (24/09/2019).

Peraturan tersebut merupakan aturan baru pengganti Peraturan Menteri Keuangan – 64/PMK.05/2013. Acara ini digelar di Hotel Devonder Pasangkayu dan di mulai sekitar Pukul 09.00 WITA. Tujuan diadakan acara ini ialah meningkatkan kepatuhan bendahara OPD dalam pemotongan, pemungutan, dan pelaporan pajak.

Acara ini dibuka langsung oleh Bupati Pasangkayu, Agus Ambo Djiwa. Dalam sambutannya, beliau berharap kepada semua bendahara agar dapat meningkatkan kapasitasnya setelah mengikuti acara tersebut.

“Bendahara adalah pegawai dengan beban kerja paling berat. Bukan karena pola kerjanya, akan tetapi tanggung jawabnya. Maka saya berharap kepada semua bendahara ambil semua materi yang disampaikan di sini, agar dalam bekerja sehari-hari sesuai dengan ketentuan yang berlaku, khususnya dalam pemotongan, pemungutan, dan pelaporan pajak,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala KPP Pratama Mamuju Hadinengrat Nusantoro MP dalam sambutannya mengapresiasi pihak Pemerintahan Kabupaten Pasangkayu yang telah memberikan perhatian lebih kepada para bendahara dalam rangka melaksanakan kewajiban perpajakannya.

“Kami berharap setelah acara ini bendahara dapat lebih memahami pentingnya peranan pajak dalam pembelanjaan melalui dana APBD dan meningkatkan peran APIP dalam pengawasan penggunaan dana APBD,” ujarnya

Dalam acara ini, materi sosialisasi Peraturan Menteri Keuangan (PMK) di sampaikan oleh Azka selaku Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi I KPP Pratama Mamuju. Sementara itu, materi Monitoring & Evaluasi Bendahara disampaikan oleh Sugeng Herlianto selaku Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi IV.

“Trend pembayaran pajak di lingkup OPD Kab. Pasangkayu belum maksimal. Oleh karena itu, ia berharap semoga sampai akhir tahun ini masing-masing OPD dapat meningkatkan realisasi penggunaan anggaran dan menyetorkan pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ujar sugeng

Dalam sesi diskusi tanya jawab, peserta menyampaikan beberapa masalah yang selama ini dialami di lapangan. Selain itu, peserta juga memberikan saran dan pendapat mengenai aplikasi pajak sehingga lebih baik lagi untuk waktu ke depannya.

Acara ditutup dengan pemberian penghargaan kepada OPD dengan predikat patuh dalam hal pembayaran dan pelaporan pajak. Untuk kategori terpatuh pembayaran pajak selama tahun 2018 diberikan kepada Bendahara Pengeluaran DPRD Kab. Pasangkayu.

Sementara itu, kategori terpatuh dalam pelaporan pajak selama tahun 2018 diberikan kepada Bendahara Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pasangkayu.

About Fathir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!