Home / Daerah / Mamuju / APBD Perubahan 2019 Naik, DPRD Minta Pemkab Mamuju Serius Capai Target

APBD Perubahan 2019 Naik, DPRD Minta Pemkab Mamuju Serius Capai Target

Spread the love

Mamuju — Pemerintah Kabupaten Mamuju secara resmi menyerahkan dokumen Rencana APBD Perubahan 2019 dalam Rapat Paripurna yang berlangsung di gedung DPRD Mamuju, Kamis (23/8/2019).

Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2019 Kabupaten Mamuju diproyeksikan naik. Untuk target Pendapatan Daerah naik sebesar Rp 21.926.483.450 menjadi Rp 1.162.109.875.838 dari target pendapatan awal Rp 1.140.183.392.388 atau naik 1,89 persen.

Sedang, target Belanja Daerah naik sebesar Rp 13.524.566.682 menjadi 1.175.505.631.841 dari target belanja awal yang hanya Rp 1.161.981.065.159 atau naik 1,15 persen. Kenaikan yang cukup signifikan jelang empat bulan sisa pengelolaan APBD mendapat respon dari DPRD Mamuju.

Fraksi Indonesia Raya Sejahtera, melalui juru bicara fraksi, Syamsuddin mengungkapkan kenaikan target pendapatan dan belanja daerah menjadi suatu beban dan tantangan daerah hingga akhir masa anggaran.

“Pemkab Mamuju perlu melakukan pengawasan erat terhadap pelaksanaan kegiatan untuk mengantisipasi jumlah Silpa. Terkait target pendapatan, dengan pengesahan sejumlah Perda yang berhubungan dengan Pendapatan Asli Daerah agar Perda tersebut dapat dimaksimalkan,” tegas Syamsuddin.

Sementara itu Fraksi Demokrat, melalui juru bicara fraksi, Ramliati S Malio turut mempertanyakan upaya yang akan dilakukan Pemkab Mamuju untuk mencapai target tersebut.

“Kami dari Fraksi Demokrat ingin mempertanyakan sudah sejauh mana proyeksi pendapatan ini dapat tercapai dipenghujung tahun, apa upaya maksimal yang bisa menggenjot target pendapatan ini bisa tercapai,” ungkap Ramliati.

Sedang, dari Fraksi Hanura, mengingatkan kepada Pemkab Mamuju untuk lebih memprioritaskan belanja anggaran sesuai dengan apa yang ingin dicapai pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah yang telah ditetapkan.

“Kami harapkan agar belanja daerah lebih mengarah ke RPJMD sehingga input dan outputnya dapat dirasakan masyarakat luas,” sebut Juru Bicara Fraksi Hanura, Hapisa Ayyub.

Menanggapi pendapat fraksi atas APBD Perubahan Mamuju 2019. Wakil Bupati Mamuju, Irwan Satya Putra Pababari optimis akan target yang diproyeksikan didalam rancangan tersebut. Ia berpendapat hingga penghujung tahun 2019 realisasi pendapatan akan berada diatas 98 persen.

“Upaya yang kami lakukan dengan merevisi dan membentuk regulasi baru baik berupa Perda dan perbub yang terkait PAD, selain itu pembayaran pajak dan retribusi secara online telah kita lakukan dengan menggandeng PT. Pos dan Bank Sulselbar,” sebut Irwan SP Pababari

“Selain itu kita juga menerapkan sistem terintegrasi dalam memantau transaksi objek pajak seperti hotel, tempat hiburan, rumah makan, kafe dan restoran juga pengelola parkir untuk membantu mengontrol penginputan pajak dan retribusi daerah. Pembukaan informasi yang seluas-luasnya kepada masyarakat melalui website Bapenda untuk tagihan Pajak PBB-P2,” pungkas Wakil Bupati Mamuju itu

Editor : Iqbal Tabah

About Fathir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!