Home / Opini / Empat Perkata Yang Membuat Hidup Bahagia

Empat Perkata Yang Membuat Hidup Bahagia

Spread the love

MAMUJU — Kapolda Sukbar Brigjen Pol Baharudin Djafar bersama dengan Jajaran Pemkab Kabupaten Mamuju kembali menggelar Gerakan sholat subuh berjamaah di Masjid Ar Rahim Karema, Kamis 22 Agustus 2019.

Usai Subuh berjamaah, dilanjutkan dengan kukia subuh dengan mengangkat judul ” Empat Perkara Yang Membuat Hidup Bahagia”.

Sejak dahulu Nabi Muhammad SAW sudah mengabarkan bahwa ada empat perkara yang menjadikan hidup kita bahagia. Dalam hadis riwayat Ibnu Hibban, Nabi Saw bersabda;

“Ada empat perkara termasuk kebahagiaan; istri yang shalihah, tempat tinggal yang lapang, teman atau tetangga yang baik dan kendaraan yang nyaman.”

*1. Memiliki istri yang shalihah dan baik.*

Di antara sumber kebahagiaan dalam hidup adalah memiliki istri yang shalihah. Karena itu, ketika kita hendak memilih pasangan hidup, kita dianjurkan untuk memprioritaskan agama, kebaikan dan keshalihannya terlebih dulu. Kita akan merasakan kebahagian dalam rumah tangga bukan karena kebaikan dan keshalihan pasangan kita bukan karena yang lain. sebagaimana sabda Nabi Saw., istri shalihah adalah sebaik-baik perhiasan di dunia.

Dalam sebuah sabdanya, Nabi Saw. memberikan gambaran mengapa memiliki istri shalihah dapat mendatangkan kebahagian, yaitu karena ketika dipandang menyejukakan, ketika diperintah mau mentaati, dan istri shalihah dapat menjaga dirinya sendiri dari godaan orang lain meski tanpa pengawasan suami. Disebutkan dalam hadis riwayat Abu Daud, Nabi Saw. bersabda;

“Maukah aku beritakan kepada kalian tentang sebaik-baik perbendaharaan seorang lelaki, yaitu istri shalihah yang bila dipandang akan menyenangkannya, bila diperintah akan mentaatinya dan bila suami pergi, dia akan menjaga dirinya.”

*2. Memiliki tempat yang nyaman.*

Juga di antara sumber kebahagiaan adalah memiliki tempat tinggal atau rumah sendiri, yang nyaman dan lapang. Dalam Islam, kita sangat dianjurkan untuk membangun rumah sebagai tempat istirahat ketika kita capek dan tempat tidur ketika kita ngantuk, dan sebagai tempat silaturahmi bagi sanak famili kita. Nabi Nuh ketika berada di atas perahu pada saat banjir besar memohon kepada Allah agar diberi tempat yang berkah. Ini menunjukkan bahwa tempat tinggal yang lapang dan berkah termasuk hal penting dalam hidup kita.

*3. Memiliki teman dan tetangga yang baik.*

Kehadiran teman dan tetangga dalam kehidupan kita sehari-hari sangat dibutuhkan. Islam sangat memperhatikan betul agar kita menjadi teman dan tetangga yang baik bagi orang lain, dan kita akan sangat beruntung jika memiliki teman dan tetangga yang baik kepada kita. Karena itu, kita dituntut untuk menghormati teman dan tetangga kita dengan harapan agar Allah memberikan teman dan tetangga yang baik kepada kita. Dalam hadis riwayat Imam Buhari dari Abu Hurairah, Nabi Saw bersabda;

“Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka janganlah dia mengganggu tetangganya.”

*4. Kendaraan yang nyaman.*

Kendaraan yang nyaman bukan berarti harus mewah. Yang dimaksud di sini adalah kendaraan yang berfungsi dengan baik dan normal. Kita sebagai Muslim dituntut untuk bermanfaat kepada orang lain, dan kadang untuk melakukan hal tersebut kita membutuhkan kendaraan yang lancar. Sebaliknya, apabila kendaraan sering rusak dan mogok, tentu hal ini sangat mengganggu kegiatan kita. Karena itu, di antara penunjang kebahagiaan hidup adalah memiliki kendaraan yang nyaman digunakan.

Editor: Fathir

About Fathir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!