Home / Daerah / Bhayangkari Cabang Mamuju Utara Bantu Pengurusan Akta Kelahiran Masyarakat Kurang Mampu

Bhayangkari Cabang Mamuju Utara Bantu Pengurusan Akta Kelahiran Masyarakat Kurang Mampu

Spread the love

PASANGKAYU – Dalam Rangkaian Peringatan Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) ke 67 tahun 2019, Pengurus Bhayangkari Cabang Mamuju Utara, bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pasangkayu melaksanakan Kegiatan Bakti Sosial Pengurusan Pembuatan Akta Kelahiran Bagi Keluarga Aggota Polri dan Jajaran Polres Mamuju Utara serta bagi masyarakat umum yang kurang mampu.

Dalam kegiatan yang digelar pada Jumat (16/08/2019) pagi tadi, bertempat di Aula Hotel Devonder Jalan I Gusti Ngurah Rai Kel.Pasangkayu Kab.Pasangkayu, juga dilaksanakan Pembagian 51 Akta Kelahiran kepada orang tua anak.

Penyerahan akta kelahiran tersebut dilaksanakan langsung oleh Ketua Bhayangkari Cabang Mamuju Utara, Ny.Niken Made Ary yang dihadiri Kapolres Mamuju Utara Akbp Made Ary Pradana SIk.MH, Wakapolres Matra Kompol Jufri Hamid S Sos, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pasangkayu Drs. Irfan Rusli Sadek, M.Si, bersama Kabid Capil, Pejabat Utama Polres Matra dan Pengurus serta anggota Bhayangkari Cabang dan Ranting Mamuju Utara.

Ketua Bhayangkari Cabang Mamuju Utara, Ny Niken Made Ary, dalam sambutannya mengatakan bahwa Bakti sosial tersebut merupakan rangkaian kegiatan HKGB ke 67, dimana sesuai instruksi ketua umum, seluruh Bhayangkari untuk melakukan kegiatan sosial, salah satu yangbkita lakukan dan berkesinambungan setiap tahunnya adalah bekerja sama dengan Dinas Catatan Sipil melakukan pembuatan akta kelahiran, dengan sasaran Anggota Polri, PNS dan PHL Jajaran Polres Mamuju Utara serta bagi masyarakat umum yang kurang mampu.

“Kita laksanakan giat sosial berupa pelayanan administrasi pengurusan pembuatan akta kelahiran, karena masih banyak warga masyarakat di Kabupaten Pasangkayu yang belum mendapatkan layanan akta kelahiran secara menyeluruh.” tutur Ny.Niken Made Arya.

Ny.Niken Made Ary juga menuturkan bahwa nantinya warga masyarakat kurang mampu dapat menghubungi Bhabinkamtibmas atau polsek setempat serta Bhayangkari Ranting yang ada di polsek-polsek, untuk dapat dibantu dalam pengurusan akta kelahiran.

“Semoga akan mempermudah masyarakat, khususnya yang kurang mampu, dalam pengurusan pembuatan akta kelahiran,” harapnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pasangkayu Drs. Irfan Rusli Sadek, M.Si mengawali sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bhayangkari Cabang Mamuju Utara dan jajaran yang telah membantu Disdukcapil Kabupaten Pasangkayu, dalam pengurusan pembuatan akta kelahiran.

“Kegiatan ini sejalan dengan program pemerintah dalam menuntaskan masalah kependudukan, khususnya akta kelahiran,” tutur Irfan.

Drs.Irfan menambahkan, bahwa saat ini pengurusan legalitas kependudukan seperti KTP, KK dan akta kelahiran di Kantor Disdukcapil Kabupaten Pasangkayu, semuanya gratis atau tidak dipungut biaya apapun.

“Untuk pembuatan akta kelahiran dan dokumen kependudukan yang lain sekarang ini secara administrasi digratiskan.” pungkasnya.

Usai sambutan-sambutan, acara ditutup dengan penyerahan 51 akta kelahiran yang diserahkan secara simbolis kepada perwakilan orang tua penerima akta kelahiran.

Laporan: Jun

About Fathir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!