Home / Hukum & Kriminal / Polres Polman Sosialisasi Soal Bankum

Polres Polman Sosialisasi Soal Bankum

Spread the love

POLMAN — Polres Polewali Mandar menggelar sosialisasi Peraturan Kapolri (Perkap) nomor 2 tahun 2017 tentang tata cara pemberian bantuan hukum ( Bankum ) oleh Polri yang dilaksanakan di Polsek Polewali, Kemarin.

Dalam Sosialisasi di Polsek Polewali di hadiri oleh Kapolsek Polewali AKP Syamsu Rijal, S.Pd, MH, Waka Polsek Polewali Ipda Ridwan Umar, S.Sos dan personil Unit Intelkam, Unit Reskrim, Sabhara serta Bhabinkamtibmas.

Kabag Sumda Polres Polman, Kompol H. Idhan, mengatakan, Sosialisasi Perkap Nomor 2 Tahun 2017 melaksanakan pemaparan yang meliputi Ketentuan Umum yang terdiri dari pengertian bantuan hukum, pemberian bantuan hukum yang meliputi Konsultasi hukum, nasihat hukum, saran dan pendapat hukum, advokasi dan pendampingan.

“Hak dan tanggung jawab terdiri dari yang berhak mendapat bantuan hukum, pelaksanaan bantuan hukum dilaksanakan oleh anggota Polri atau PNS Polri yang bertindak sebagai penasihat hukum, kuasa hukum serta pendamping berdasarkan surat perintah dari pimpinan Polri yang berwenang,”Ujarnya.

SElain itu, Dalam perkap juga disebutkan tentang tata cara permohonan terdiri dari permohonan diajukan kepada pejabat yang berwenang dengan ketentuan untuk kepentingan institusi, dinas, untuk kepentingan anggota Polri dan PNS Polri yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas. Sementara untuk kepentingan pribadi PNS Polri dan keluarganya dan untuk Purnawirawan Polri, Wredatama, warakawuri, duda atau janda dari anggota Polri / PNS Polri.

“Maksud dan tujuan Sosialisasi Perkap Nomor 2 Tahun 2017 tersebut dilaksanakan agar anggota Polri mengerti tentang hukum khususnya personil yang bertugas pelayanan Kepolisian, Penyelidikan suatu tindak pidana dan tugas lainnya yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, dimana dalam Perkap Nomor 2 Tahun 2017 setiap anggota Polri yang memiliki permasalahan hukum berhak mendapatkan bantuan hukum dan nasihat hukum dari dinas,”Ungkapnya.

Editor: Udin

About Fathir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!