Home / Hukum & Kriminal / Pimpin Apel Rutin, Kanit Pulbaket Polsek Tommo Tekankan Antisipasi Karhurtlah

Pimpin Apel Rutin, Kanit Pulbaket Polsek Tommo Tekankan Antisipasi Karhurtlah

Spread the love

TOMMO — Menindak lanjuti perintah Kapolsek untuk memimpin pelaksanaan apel rutin, Kanit Pulbaket Bripka Hasbi zAzg menekankan kepada seluruh personil terkait antisipasi terhadap ancaman dari kebakaran hutan dan lahan (karhutlah), Selasa (13/8/19).

Menurutnya wilayah tommo sebagai besar lokasinya masih dalam kategoro hutan dan lahan. Yang menjadi atensi adalah masyarakat yang ingin membuka lahan dengan cara membakar sehingga akan berdampak negatif dan berpotensi membakar rumah warga yang ada disekitar,

“Diwilayah polsek tommo sebagian besar daerah kita masih hutan agar kepada para bhabinkamtibmas khususnya menghimbau kepada warganya agar tidak membuka lahan baru dengan membakar hutan. karena akan di tindak tegas sesuai hukum yang berlaku sesuai dengan atensi pimpinan Polri terkait antisipasi karhutlah,”ujarnya.

Ia mengatakan, Sengaja melakukan pembakaran lahan untuk kepentingan apapun dilarang undang-undang. Terdapat sedikitnya tiga aturan yang melarang warga untuk melakukan pembakaran lahan yang harus kita ketahui bersama yakni,
Pertama Undang-undang nomor 41 tahun 1999 tentang kehutanan, pasal 78 ayat 3 berisi pelaku pembakaran hutan dikenakan sanksi kurungan 15 tahun dan denda maksimal Rp. 5 miliar dan pasal 78 ayat 4 berbunyi pelaku pembakran hutan dikenakan sanksi kurungan 5 tahun dan denda maksimal Rp. 1,5 miliar.

“Besarnya ancaman hukum kepada para pelaku pembakran hutan maupun lahan menandakan dampak yang ditimbulkan begitu besar salah satunya adalah asap yang ditimbulkan akan mengganggu pernapasan ditambah lagi potensi kerawanan yang lebih besar lainnya,”jelas Bripka Hasbi zAzg.

Editor: Udin

About Fathir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!