Home / Ekonomi & Bisnis / Pertumbuhan Ekonomi dan ITK Sulbar Triwulan II Naik dibanding Triwulan Sebelumnya

Pertumbuhan Ekonomi dan ITK Sulbar Triwulan II Naik dibanding Triwulan Sebelumnya

Spread the love

Mamuju — Perekonomian Sulawesi Barat mengalami pertumbuhan pada triwulan II tahun 2019, jika dibandingkan dengan Triwulan pertama sebelumnya yang diukur berdasarkan produk domestik regional bruto.

Atas Dasar Harga Berlaku (ADHB), PDRB Sulbar naik menjadi Rp 11,30 Triliun di TW-II yang sebelumnya Rp 10,60 Triliun di TW-I, sedang untuk penilaian Atas Dasar Harga Konstan (ADHK) PDRB Sulbar tumbuh dari Rp 7,61 triliun di TW-I menjadi Rp 7,96 Triliun di TW-II.

Hal tersebut dikemukakan Kepala Badan Pusat Statistik Sulbar, Win Rizal dalam Press Rilis yang berlangsung di Gedung BPS Sulbar, Senin (5/8/2019)

Menurut lapangan usaha, pertumbuhan tertinggi adalah sebesar 13,91 persen pada lapangan usaha Informasi dan Komunikasi. Adapun dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi terjadi pada komponen pengeluaran konsumsi Lembaga Non Profit yang melayani Rumah Tangga (LNPRT) sebesar 11,31 persen.

Pertumbuhan tertinggi dicapai oleh lapangan usaha Administrasi Pemerintahan, Pertahanan, dan Jaminan Sosial Wajib sebesar 11,30 persen. Dari sisi pengeluaran pertumbuhan tertinggi dicapai oleh komponen pengeluaran konsumsi pemerintah sebesar 86,84 persen.

“Secara kumulatif (triwulan I-II) 2019 jika dibandingkan dengan kondisi yang sama tahun 2018 (c-to-c), ekonomi Sulbar tumbuh hingga 5,07 persen. Pertumbuhan tertinggi dari sisi lapangan usaha adalah Informasi dan Komunikasi sebesar 11,14 persen,” kata Kepala BPS Sulbar, Win Rizal.

“Sedangkan dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi adalah komponen pengeluaran konsumsi LNPRT sebesar 12,61 persen,” tutup Win Rizal.

Pada triwulan ke II tahun 2019 ini, Indeks Tendensi Konsumen (ITK) Sulawesi Barat (Sulbar) sebesar 121,48. Artinya kondisi ekonomi konsumen meningkat dibanding triwulan sebelumnya (Nilai indeks diatas 100).

Menurut BPS Sulbar, ekonomi konsumen membaik dengan level optimisme konsumen meningkat 19,91 poin dibandingkan triwulan sebelumnya.

Meningkatnya kondisi ekonomi konsumen pada triwulan II-2019 di Sulbar terjadi karena peningkatan indeks seluruh komponen pembentuknya.

Kepala BPS Sulbar, Win Rizal menuturkan, jika dibandingkan dengan provinsi lain di Sulawesi, Maluku dan Papua (Sulampua), perolehan ITK Sulbar berada pada urutan ke 6. ITK tertinggi sebesar 133,37 di Sulawesi Selatan dan terendah terjadi di Maluku sebesar 112,88.

“Nilai ITK Sulbar pada triwulan III-2019 diperkirakan sebesar 103,82, artinya kondisi ekonomi konsumen diperkirakan masih lebih baik daripada triwulan II 2019,” tutur Win Rizal.

“Optimisme konsumen dalam menyambut triwulan III 2019 diperkirakan akan lebih rendah 17,66 poin dibandingkan triwulan II 2019,” pungkasnya.

About Fathir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!