Home / Daerah / Mamasa / Gelar Deklarasi, Mamasa Menuju Kabupaten Layak Anak

Gelar Deklarasi, Mamasa Menuju Kabupaten Layak Anak

Spread the love

Mamasa — Upaya Pemerintah Kabupaten Mamasa untuk menghadirkan pelayanan prima bagi segenap masyarakatnya terus dilakukan. Salah satunya dengan menggelar Deklarasi menuju Kabupaten Layak anak pada Senin (22/7/2019)

Kegiatan yang diinisiasi Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pemkab Mamasa itu berlangsung dalam rangkaian Apel Bersama Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Mamasa yang dihadiri oleh Bupati Mamasa, Dr. H. Ramlan Badawi, MH., Wakil Bupati, Pnt. Marthinus Tiranda serta Jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Penandatanganan Deklarasi Kabupaten Mamasa menuju Kabupaten Layak Anak yang dilaksanakan di Lapangan Upacara Kantor Bupati Mamasa ini disaksikan juga oleh Kepala Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) / Rektor Univesitas Terbuka (UT)  Majene, Drs. Arifin Tahir, S. Pd., M.Pd.,bersama tim kreator UT Majene serta Tim Persekutuan Anak dan Remaja Gereja Toraja Mamasa (PAR-GTM) 

Bupati Mamasa, Ramlan Nadawi, Dalam sambutannya mengatakan, anak merupakan potensi yang sangat penting sebagai generasi penerus masa depan Bangsa, penentu kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang akan menjadi pilar utama pembangunan Nasional, sehingga perlu ditingkatkan kualitasnya dan mendapatkan perlindungan secara sungguh-sungguh. 

Kebijakan Kabupaten Layak Anak (KLA) adalah system pembangunan suatu wilayah administrasi yang mengintegrasikan komitmen dan sumberdaya Pemerintah dan Dunia Usaha dalam rangka memenuhi Hak-hak Anak yang terencana, menyeluruh dan berkelanjutan melalui Pengarusutamaan Hak-hak Anak (PUHA).

Dengan lahirnya kebijakan Kota Layak Anak, Kelurahan Layak Anak, Kecamatan dan Kabupaten Layak Anak sebagai prasyarat untuk memastikan bahwa anak tumbuh dan berkembang dengan baik, terlindungi Haknya dan terpenuhi kebutuhan pisik dan psikisnya.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Kabupaten dalam mempercepat terwujudnya Kabupaten menuju Kabupaten Layak Anak adalah dengan membentuk Tim Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak. 

“Penandatangan Deklarasi ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendapatkan komitmen para OPD terkait merencanakan dan melakukan upaya-upaya terhadap pemenuhan hak-hak anak sesuai tugas pokok dan fungsinya,” ungkap Ramlan. 

Bupati Mamasa dua periode itu juga berharap, dengan komitmen dan kerja sama antar instansi termasuk Dinas Instansi Terkait, Mamasa mampu mencapai Kabupaten Layak Anak Tingkat Pratama. 

“Jika kita ingin makmur satu tahun kedepan peliharalah padi, Jika kita ingin makmur sepuluh tahun kedepan peliharalah pohon, Dan jika kita ingin makmur 100 tahun kedepan peliharalah Anak-anak kita,” pungkasnya.

Ditempat yang sama,b Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kabupaten Mamasa, Festiniwati B. Paotonan, SE., MM., mengatakankan bahwa kegiatan deklarasi Layak Anak Kabupaten Mamasa merupakan sebuah penegasan bahwa anak-anak Kabupaten Mamasa harus mendapat perhatian maksimal khususnya terhadap kekerasan dalam rumah tangga. 

“Mereka sudah semestinya mendapatkan hak pendidikan yang layak untuk menjamin masa depan mereka. Tanggung jawab sepenuhnya atas pemenuhan pendidikan dan kebutuhan mendasar anak-anak kita, pertama harus lahir dari keluarga masing-masing. Mereka harus mendapatkan akses dasar demi menciptakan masa depan bangsa yang berkualitas.” tandas Festiniwati.

Deklarasi Kabupaten Mamasa Menuju Kabupaten Layak Anak, adalah merupakan kegiatan pada Bidang Pemenuhan Hak Anak Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Menurut Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak, Dra. Selvia, M.Si., Pemenuhan Hak Anak terbagi dalam tiga Sub Bidang yakni SubBid Hak Anak atas Pengasuhan,  Pendidikan, Kreativitas dan Budaya dengan Kasubid, Robert, SKM., SubBid Pemenuhan Hak Sipil, Informasi dan Partisipasi dengan Kasubid, Hasnytrilita, ST., serta SubBid Hak Anak atas Kesehatan dan Kesejahteraan dengan Kasubid Ahgnes Susanti, S. Fam. 

Pada deklarasi ini, perwakilan Anak-Anak Indonesia Kabupaten Mamasa, menyuarakan empat hal sebagai berikut:

“Bapak Ibu yang kami sayangi kami ingin Kabupaten Mamasa: Punya Taman Bermain,  Semua Anak Bisa Sekolah, Ada Air Bersih dan Tidak Ada Anak Yang Dijual-belikan,” ungkapnya.

About Fathir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!