Home / Ekonomi & Bisnis / Rokhmin Dahuri akan Usul Penambahan Alokasi Anggaran Rp 1 Triliun untuk Sulbar ke Presiden

Rokhmin Dahuri akan Usul Penambahan Alokasi Anggaran Rp 1 Triliun untuk Sulbar ke Presiden

Spread the love

Mamuju — Perwakilan Dewan Pimpinan Pusat, PDI Perjuangan Prof Dr Rokhmin Dahuri dalam lawatannya ke Sulawesi Barat menyimpan sejumlah asa untuk memajukan provunsi ke 33 ini.

Disela-sela sambutannya dalam peresmian kantor sekretariat DPD PDI Perjuangan Sulbar yang terletak di Jalan Mustafa Katjo, BTN Graha Nusa Mamuju. Senin (22/7/2019). Rokhmin berencana akan mengajukan usul ke Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo untuk menambah alokasi anggaran ke APBD Sulbar sebanyak Rp 1 Triliun.

“Sulawesi Barat ini hanya memiliki APBD sebanyak Rp 1,8 Triliun sangat jauh dari APBD Kabupaten tempat kelahiran saya, yaitu Kabupaten Cirebon yang mencapai Rp 7 Triliun. Olehnya nanti saya akan lapor ke Pak Presiden, agar bagaimana nanti APBD Sulbar dapat ditambah sebanyak Rp 1 Triliun,” ungkap Rokhmin Dahuri.

Ia menambahkan, Provinsi Sulawesi Barat menyimpan sejumlah potensi besar yang perlu dikelola secara maksimal, namun Pengelolaan tersebut tidak dapat terwujud dengan anggaran yang terbatas, utamanya dalam pembangunan infrastruktur sebagai sarana penunjang pengelolaan tersebut.

“Saya pernah berkunjung ke Sulawesi Barat waktu dulu saya menjadi menteri Kelautan dan Perikanan, tepatnya di Kabupaten Polewali menghadiri acara Sandeq Race. Sulbar ini punya potensi yang besar dan itu perlu perhatian serius,” ungkapnya.

“Disparitas pembangunan antara jawa dan daerah diluar jawa sangat tinggi, sulbar hanya menyumbang 0,5 persen dalam pembangunan nasional dan itu perlu suatu keadilan pembangunan. pembangunan infrastruktur harus didahulukan untuk menunjang perkembangan daerah,” tambah mantan menteri Perikanan dan Kelautan era Presiden Megawati 2002-2004 silam itu.

Sementara itu, Ketua DPD PDIP Sulbar, Agus Ambo Djiwa mengungkapkan dengan capaian kemenangan presiden Joko Widodo di Sulawesi Barat, bukan tidak mungkin keperpihakan lebih Pemerintah Pusat untuk pembangunan Sulbar dapat terwujud

“Tentu saya dengan Gubernur dan Bupati lainnya nanti ingin menghadap ke Jokowi, (Rokhmin Dahuri) minta tolong untuk difasilitasi kerena waktu kunjungan Jokowi kesini (Sulbar) beberapa janji-janji politiknya harus diselesaikan,” tuturnya.

Bupati Pasangkayu ini mengaku PDIP akan selalu siap mendukung program Gubernur Sulbar untuk membangun rakyat yang lebih baik dan lebih makmur sehingga mampu sejajar dengan provinsi launnya di Indonesia.

“Sehingga masyarakat mempercayai komitmen Pak Jokowi. Karena Sulbar adalah provinsi yang masih sangat tertinggal dengan harapan kehadiran petinggi PDIP di Sulbar tentu menambah spirit dan semangat kami dalam membangun Sulbar,”ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar juga akan mengajak seluruh wakil sulbar yang baru saja terpilih sebagai anggota DPR-RI pada pemilu April lalu.  

“Kita akan mengahadap ke Ibu Megawati dan Jokowi bahwa di Sulbar masih butuh dukungan dana  karena memang Sulbar ini penghasilannya masih sedikit,” pungkasnya.

About Fathir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!