Home / Daerah / Mamuju / Peringatan Hari Harganas diisi dengan Beragam Kegiatan

Peringatan Hari Harganas diisi dengan Beragam Kegiatan

Spread the love

Mamuju — Memperingati Hari Keluarga Nasional ke 26 BKKBN Sulbar menggelar sejumlah kegiatan yang puncaknya dilaksanakan di halaman kantor perwakilan BKKBN Sulbar, Kamis (18/7/2019)

Kepala Perwakilan BKKBN Sulbar, Andi Rita Mariani mengungkapkan bahwa peringatan Hari Keluarga Nasional ke 26 yang dilaksanakan di Sulbar kali ini mengusung tema “Hari Keluarga, Hari Kita Semua”, pesan intinya yaitu “Cinta Keluarga, Cinta Terencana” dan pesan selanjutnya adalah “Kalau Terencana, Semua Lebih Mudah”.

“Tema dan pesan dibuat singkat, dengan harapan mudah diingat, mudah dipahami, dan mudah diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat menjadi motivasi dan memiliki daya ungkit bagi keluarga-keluarga Indonesia untuk senantiasa memahami arti pentingnya kehidupan keluarga yang terencana dengan menjalankan fungsi–fungsi keluarga dengan baik,” ungkap Rita Mariani

Puncak kegiatan yang diawali dengan Parade Kendaraan KIE Program KKBPK mengelilingi kota Mamuju melalui Sepeda Motor dan Kendaraan Roda 4 tersebut berlanjut dengan sejumlah penampilan yang berisi peserta dari 6 kabupaten yang terdiri dari berbagai kelompok masyarakat dan kelompok kegiatan yang selama ini mendukung pelaksanaan Program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di lini lapangan, yaitu
Remaja Generasi Berencana (GenRe) dari Pusat Informasi Konseling Remaja jalur pendidikan dan jalur masyarakat sebanyak 100 orang.

Kelompok Bina Keluarga Balita (BKB), Kelompok Bina Keluarga Remaja (BKR), Kelompok Bina Keluarga Lansia/BKL, Kelompok UPPKS (40 orang), Kelompok Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R), Penyuluh/Petugas Program KKBPK (100 Orang), Kader Institusi Masyarakat Pedesaan /PPKBD (40 orang),

Ditambah Mitra BKKBN antara lain PPK, IBI, Dharma Wanita, Peersit, Bhayangkari, Organisasi Wanita, Koalisi Kependudukan, Koalisi Muda Kependudukan, Ikatan Praktisi dan Ahli Demografi, Forum Antar Umat Beragama Peduli Keluarga Sejahtera dan Kependudukan), Forum Generasi Berencana, juga Pengurus Paguyuban Juang Kencana/PJK.

Dalam pelaksanaan Harganas tersebut, rangkaian kegiatan sudah dilakukan sejak bulan Mei, dengan berbagai macam lomba antara lain, Lomba PKB/PLKB Teladan, Lomba KB Lestari 15 Tahun, Lomba PPKBD Teladan, Lomba Kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) terbaik, Lomba Kelompok Bina Keluarga Remaja (BKR) terbaik, Lomba Kelompok Bina Keluarga Lansia (BKL) terbaik, Lomba Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS) terbaik, Lomba Kelompok UPPKS terbaik.

Kemudian Lomba Kelompok PIK Remaja terbaik, Lomba Praktik Mandiri Bidan terbaik, Lomba Pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) Kategori Puskesmas, Lomba Motivator KB terbaik, Lomba Promosi dan Konseling di Rumah Sakit, Lomba Karya Tulis Kependudukan, dan Lomba Pidato Kependudukan.

Selain itu, pada Bulan Juni 2019 telah dilaksanakan Sosialisasi kegiatan HARGANAS XXVI Tingkat Nasional dan Provinsi, sedang tanggal 27 Juni 2019 telah dilaksanakan Upacara Bendera memperingati Hari Keluarga Nasional ke-26 di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Sulawesi Barat yang melibatkan Instansi Vertikal dan OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat.

Tanggal 1-7 Juli 2019 telah mengikuti Rangkaian Kegiatan Puncak Peringatan Hari Keluarga Tingkat Nasional ke-26 Tahun 2019 di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan; dimana Bupati Majene Bapak Dr. H. Fahmi Massiara, M.H menerima penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) dari Kepala BKKBN yang disematkan oleh Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan ibu Puan Maharani. Pemberian MKK tersebut sebagai penghargaan atas keberhasilan pelaksanaan program Kependudukan dan Keluarga Berencana di Kabupaten Majene.

Tanggal 16-18 Juli Jambore Petugas KB (PKB) dan Kader Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP), tanggal 16-20 Pelatihan Kompetensi bagi Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB)
Pengembangan Kompetensi Kepegawaian yang diikuti oleh PKB dan OPD-KB Kabupaten, tanggal 17-19 Juli Jambore Ajang Kreatifitas Generasi Berencana (GENRE) yang diikuti oleh 100 Remaja dari Forum GENRE se-Sulawesi Barat dan Pengurus Kelompok PIK se-Sulawesi Barat.

Tanggal 18-19 Seminar Hari Kependudukan dengan menghadirkan narasumber Ketua Ikatan Praktisi dan Ahli Demografi Indonesia sekaligus ketua Ikatan Praktisi dan Ahli Parenting Indonesia Bapak Dr. Sudibyo Alimoeso, M.A.

Pada puncak peringatan turut dilaksanakan Pameran dan Gelar Dagang Produk UPPKS dan Pasar Sembako Murah bekerjasama dengan Bulog Divre Mamuju, Pameran Poster Kampung KB, yang tadi telah ditinjau oleh Bapak Kepala BKKBN dan Bapak Gubernur.

“Perlu kami sampaikan pada kesempatan ini bahwa issu strategis Kependudukan dan permasalahan terkait keluarga di Sulawesi Barat adalahbTingginya Angka Pernikahan Usia Anak (Tertinggi di Indonesia) dan Stunting (Kedua Tertinggi di Indonesia),” Pungkas Kepala BKKBN Sulbar Andi Rita Mariani.

Dalam menekan isu strategis tersebut BKKBN melalui Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Barat telah melakukan intervensi Program antara lain melalui Sosialisasi Kesehatan Reproduksi, Peningkatan Promosi Pengasuhan 1000 HPK bagi Ibu Hamil dan Keluarga Baduta, serta Penyiapan Perencanaan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja utamanya pada remaja Putri sebagai Calon Ibu.

“Kami berharap semoga Hari Keluarga Nasional ke-26 Tingkat Provinsi ini dapat menjadi momentum kolaborasi program yang menjadi daya ungkit bagi sinergitas antara BKKBN, Organisasi Perangkat Daerah, Tim Penggerak PKK dan Mitra Kerja Lainnya,” Pungkas Andi Rita Mariani.

About Fathir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!