Home / Daerah / Dari Alokasi Dana Pemberdayaan, Desa Balla Satanetean Gelar Jambore Anak & Remaja

Dari Alokasi Dana Pemberdayaan, Desa Balla Satanetean Gelar Jambore Anak & Remaja

Spread the love

MAMASA — Pemerintah Desa Balla Satanetean menggelar Kemah Ceria Anak dan Remaja Gereja se Desa Balla Satanetean. Kegiatan Jambore Ceria Anak dan Remaja ini berlangsung di Bumi Perkemahan Desa Satanetean, Kecamatan Balla, 10-13 Juli 2019 dari PAR 13 Jemaat seluruh denominasi gereja dengan total 324 anak.

Pembukaan kegiatan dihadiri oleh antara lain, Kabid Pemenuhan Hak Anak, Selvia Daud mewakili Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Rudyanto T., S. Sos., mewakili Kadis Pemberdayaan Pemerintahan Desa, BPMK Klasis Balla Sattoko, Ketua BPD Desa Satanetean, Kepala-kepala Sekolah se Desa Satanetean, Pendeta Klasis Balla Sattoko, Gembala GPDi Batarirak, Tokoh Masyarakat Desa Balla Satanetean, Babinsa TNI, serta Tim PAR GTM dan sejumlah undangan lainnya.

Kades Balla Satanetean, Yusuf Rahmat, mengatakan bahwa karena aturan memungkinkan, Kemah Ceria Anak dan Remaja yang dilaksanakan ini adalah merupakan program Pemerintah Desa (Pemdes) Desa Satanetean di Bidang Pemberdayaan Masyarakat pada Bidang Keagamaan APBDes Tahun Anggaran 2019.

Lanjutnya, kegiatan ini terjadi sebagai wujud keprihatinan kepada anak-anak dimana saat ini banyak sekali hal-hal yang negatif yang berada disekitar mereka yang kadang-kadang mengganggu moral anak-anak. Latar belakang lainnya yakni adanya pemikiran bahwa selain pembangunan fisik di Desa, juga yang perlu ditekankan adalah pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Ketika kita bisa peduli terhadap anak-anak mulai dari saat ini, maka kedepan kita bisa menciptakan generasi-generasi yang handal untuk masa depan dalam membangun Desa” jelas Kades Yusuf Rahmat.

Ketua BPMK Klasis Balla Sattoko, Demmaelo, menyatakan apresiasi terhadap Pemerintah Desa Balla Satanetean karena kegiatan ini sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang anak dimana saat ini banyak anak-anak kehilangan waktu akibat kecanduan menggunakan gadget seperti HP.

Sementara itu, Rudianto T., mewakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa berharap Desa-desa yamg lain dapat melaksanakan hal sejenis dengan kegiatan yang di gelar oleh Desa Satanetean karena menurutnya, Pemerintah mulai dari tingkat Kabupaten hingga Pemdes saat ini harus banyak melakukan kegiatan-kegiatan pembentukan karakter anak dan kegiatan penanganan stunting dimana sesuai aturan anggaran Desa ada 30% yang bisa dialokasikan untuk pemberdayaan.

Senada, Kabid Pemenuhan Hak Anak, Selvia Daud, mewakili Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Mamasa mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan ini karena sudah bisa memberi hak anak-anak dari APBDes, dimana desa-desa lainnya masih memberi alokasi pemberdayaan kepada kelompok-kelompok orang dewasa.

Pada hal kata Silvia, kalau ingin makmur dimasa depan maka yang harus dipelihara dengan sangat baik adalah anak-anak. Dikesempatan ini juga, Pemda Kabupaten Mamasa lewat Bidang Permenuhan Hak Anak Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Mamasa mencanangkan Desa Balla Satanetean Menuju Desa Layak Anak.

Kegiatan Kemah Ceria Anak dan Remaja menghadirkan Tim PAR GTM dengan berbagai macam acara seperti Pembinaan Anak dengan topik “Anak dan Gadget”, “Narkoba dan Rokok”, “Sikap Jujur dan Bertanggungjawab”. Selain pembinaan anak, dilaksanakan juga pembinaan guru dengan topik antara lain tentang “Motivasi dan Komitmen”, “Metode Mengajar”, “Psikologi Anak” serta “Persiapan Mengajar”.

Selain itu ada juga Games Ceria, Gerak dan Lagu, Lomba Permainan Tradisional seperti Tenta, Gasing dan Timpa’, Lomba Bercerita, CCA serta Malam Seni dan Budaya.

Ke-13 PAR tersebut yakni Mahanaim Pena’ (GTM), Eben Heiser Ne’amba (GTM), Baltum (GTM), Imanuel Minanga (GTM), Betlehem Ranteliang (GTM), Bukit Sion Peu’ (GTM), Kalvari Rantesepang (GTM), Pniel Ambabang (GTM), (GPdI) Bataririk, (GPdI) Almasih, Maranatha Balla Kalua’ (GTM), Stasi (Katolik) Balla Kalua’, Elim Batarirak (GTM). (Leo/MdB)

About Fathir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!