Home / Politik & Pilkada / Nasdem-Demokrat Di Posisi Puncak, Hanura Di Bawah Gerindra

Nasdem-Demokrat Di Posisi Puncak, Hanura Di Bawah Gerindra

Spread the love

MAMUJU — Diskusi terbatas Perspektif Mamuju membocorkan hasil survey persebaran partai pada pileg 2019 yang dilaksanakan oleh lembaga nasional Jaringan Suara Indonesia (JSI) pada tanggal 30 Januari sampai 3 Februari 2019 lalu.

Survey JSI tersebut menempatkan persebaran Nasdem dan Demokrat di posisi puncak sepanjang tahapan Pileg sampai jelang pencoblosan. Sementara Gerindra berada di posisi ke lima menyusul Hanura diposisi ke enam.

Direktur Logos Politika, Maenunis Amin, menyebut hasil survey Pileg 2019 bisa menjadi barometer peta pengaruh partai pada Pilbup Mamuju 2020.

“Akurasi survey JSI memiliki track record cukup bagus sampai saat ini. Kalau dalam survey Pileg tersebut Nasdem dan Demokrat menjadi partai dengan persebaran tertinggi di Dapil Mamuju, maka itupula yang akan tergambarkan pada Pilbup 2020 nanti. Presisinya tidak akan meleset dari plus minus margin of error 4%.” Kata Maenunis.

Maenunis menyebut Demokrat mampu menjaga basis kulturalnya meski berada di bawah 2% persebaran dari Nasdem di Dapil Mamuju.

“Hanya unggul 2% persebaran diatas Demokrat, menunjukkan bahwa Nasdem belum bisa menyalip dominasi Demokrat di tingkat strong voters di Dapil Mamuju. Meski unggul perolehan kursi DPRD Mamuju, tapi perolehan Demokrat di tingkat DPR RI dan Provinsi menunjukkan bahwa Demokrat belum terkalahkan oleh Nasdem meski sudah digerakkan oleh Bupati bersama instrumen birokrasinya.” Beber Maenunis.

Runutan enam besar tingkat persebaran partai berdasarkan survey JSI adalah Nasdem 24,5%, Demokrat 22,3% sedangkan Gerindra dan Hanura diposisi lima dan enam. Pada Segmen strong voters Demokrat unggul 19,2% sedangkan Nasdem di angka 12,0%. Survey JSI ini mengambil 700 responden dengan margin of error 4,1%.

Laporan: Adhy

About Fathir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!