Home / Nusantara / Jika Fokus di Perikanan, Idris : Tidak Akan Ada Orang Miskin di Sulbar

Jika Fokus di Perikanan, Idris : Tidak Akan Ada Orang Miskin di Sulbar

Spread the love

MAMUJU — Sekprov Sulbar , Muhammad Idris menghadiri Sosialisai Akses Permodalan untuk Pengelolah dan Pemasaran yang dilaksanakan Dinas Kelautan dan Perikanan Sulbar yang dilaksanakan di Hotel Marannu Mamuju, Kemarin.

Sosialisasi ini, diikuti oleh peserta sebanyak 45 orang dengan rincian yaitu dari Provinsin 15 orang, Kabuapten Mamuju 10 orang, Kabupaten Majene 4 orang, Kabupaten Polman 4 orang, Kabupaten Mamasa 4 orang, Kabupaten Mamuju Tengah 4 orang, dan Kabupaten Pasangkayu 4 orang.

Pada kesempatan tersebut, Idris menyampaikan, potensi memajukan Sulbar dari sektor perikanan sudah dapat sejahtera apa lagi dengan sektor-sektor lainnya.

“Kita fokus di sektor Perikanan saja, sudah tidak ada lagi orang miskin di Sulbar kiranya dikelola secara optimum. Seharusnya potensi ini bisa mencapai target yang besar, tetapi, pemerintah cuman berpikir sendiri, belum ada unit-unit usaha yang juga berpikir untuk bagaimana mengambil alih peran-peran produksi, peran permodalan yang besar, apalagi peran-peran pemasaran sekarang , bukan serba pemerintah,” kata Idris

Ia pun berharap kepada pengusaha -pengusaha bagaimana melakukan kapasitasnya berunding untuk merespon peluang-peluang besar .

Melalui sosialisasi tersebut, lanjut Idris diharapkan produk Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulbar yang berdaya saing tinggi baik dilokal maupun nasional.

“Kawan-kawan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) berkumpul untuk bagaimana memiliki pengetahuan cukup mengenai akses modal, karena selama ini selalu modal menjadi hambatan, padahal kawan-kawan yang ada di perbankan tidak ada hambatan maka kita lakukan sosisaliasi ini,”sambung putra Majene tersebut.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulbar, Parman menjelaskan, sosialisasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan manajemen para pelaku usaha bidang perikanan sebagai landasan kelangsungan usahanya baik manajemen yang berbasis Profesionalisme maupu pengelola permodalan.

“Mudah-mudahan pelaku-pelaku usaha kita ini, terutama yang bergerak di UMKM ini memiliki pemahaman yang komplik bahwa sebenarnya untuk mengakses modal itu tidak jadi masalah, bagaimana pelaku usaha kita dapat berkembang dan Maju.

Dengan adanya kegiatan ini, akan memberikan semangat komitmen bagi pelaku-pelaku usaha UMKM dan memberikan kontribusi nyata dalam rangka mewujudkan Sulbar Maju Malabiq kedepan,” harap Parman. (ilham)

About Fathir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!