Home / Hukum & Kriminal / Team Python Polres “Metro” Mamuju Ringkus Pelaku Pencurian, Pelaku Berstatus Anak Dibawah Umur

Team Python Polres “Metro” Mamuju Ringkus Pelaku Pencurian, Pelaku Berstatus Anak Dibawah Umur

Spread the love

MAMUJU — Lagi-lagi, Team Team Python Polres “Metro” Mamuju kembali berhasil meringkus sepesialis pembobol kios, rumah dan kendaraan bermotor.

“Pelakunya, Muhammad idris (17), warga Larian, kecamatan Sarudu, Kabupaten Pasangkayu, yang masih di bawah umur ini berhasil di ringkus sekitar jam 08.00 wita, tempat persembunyian di kelurahan Simboro, Kabupaten Mamuju,” kata Kasat Reskrim Polres”Metro”Mamuju AKP Syamsuriansyah, Senin (13/05/2019).

Adapun cara pelaku yang diketahui berprofesi sebagai buruh bangunan ini, yakni pelaku (Muhammad Idris-red), masuk kedalam rumah korban dengan cara lewat pintu belakan kemudian
masuk kedalam rumah untuk membuka lemari milik korbanya.

“Naas bagi pelaku ini, pada saat pelaku
sementara membuka pintu lemart pemilik rumah melihat pelaku sehingga pemilik rumah menengur pelaku dan langsung mengamankan pelaku kemudian dibawah ke kantor polres mamuju,”ujar Syamsuriansyah.

Lanjut, Syamsuriansyah, saat pelaku kita amankan di polres “Metro” Mamuju dan di introgasi oleh Unit team Python Pelaku mengakui perbuatannya bahwa pelaku bermaksud mencuri dirumah tersebut dan Mengakui perna melakukan Pencurian yang dilakukannya sendirian di beberapa tempat. Diantaranya pencurian didekat masjid agung uang tunai sebanyak Rp.800.000, Melakukan pencurian 1 buah HP Samsung di Warung Makan Tenda Buru di jalan Ratulagi Anjungan.

“Bukan itu saja, pelaku juga melakukan aksinya dengan melakukan Pencurian 1 buah Hp di BTN batas kota & uang tunai Rp.400.000, Melakukan Pencurian Uang tunai didalam laci di Kios l.tuna Rp. 1.000.000, Melakukan pencurian Uang tunai diwarung makan di SD 1 mamuju Rp.200.000, Melakukan Pencurian 1 Unit sepeda di Pasar Topoyo,”jelas Syamsuriansyah.

Masih kata, Syamsuriansyah, selain melakukan aksinya di rumah-rumah pelaku yang di ketahui ini juga terlibat kasus pencurian curanmor, yakni 1 Unit motor Merek Yamaha Mio Soul GT warna kuning, yang mana TKPnya di Masjid Nurul Hidayah Lingkungan Balatedong, Kecamatan Kalukku, Kabupaten mamuju.

“Awalnya Pada hari sabtu tanggal 27 April 2019 sekitar pukul 18.30 wita di korban Rahmadi mengendarai sepeda motor ke masjid untuk shalat magrip setelah sampai dimasjid korban lupa mengambil kunci motornya dan langsung masuk kedalam masid untuk melaksanakan sholat magrib. Usai melaksanakan sholat magrib korban melihat motornya yang miliknya telah tidak ada di tempatnya,” Syamsuriansyah

Sementara dari keterangan pelaku sendiri di hadapan penyidik menjelaskan bahwa Pelaku dari Topoyo dengen mengendarai sepeda yang mana sepeda tersebut adalah juga hasil curian di pasar topoyo.

“Saat pelaku melintas di depan masjid tersebut pelaku melihat kunci kendaraan Dalam keadaaan menempel atau tergantung di stan Kontak sepeda motor tesebut kemudian pelaku menyimpan sepeda tersebut kemudian mengambil Motor dengan menggunakan kunci yang ada di tersebut, kemudian pelaku meggunakan sepeda motor tersebut mengarah ke mamuju,” Jelas Syamsuriansyah.

Saat ini pelaku, beserta barang bukti telah kita amankan di polres “Metro” Mamuju guna dilakukan penyidikan lebih lanjut. Sementara untuk pelaku sendiri yang diketahui masih di bawah umur kita kenalan pasal yang berbeda.

“Karena pelaku masuk kategori anak di bawah umur, kita memakai pasal 363 (I) ke 3 junto 64, 65 dengan ancaman 1 Tahun penjara. Akan tetapi karena pelaku ini dibawah umur sehingga mengikuti UU.Sistem Peradilan anak,”tutup Syamsuriansyah.

Editor: Udin

About Fathir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!