Home / Opini / Surat Untuk Warga Sulawesi Barat

Surat Untuk Warga Sulawesi Barat

Spread the love
  • 2
    Shares

Oleh: Muhammad Asri Anas

OPINI — Serasa baru kemarin, saya mendatangi rumah-rumah warga. Serasa baru kemarin saya memasuki dunia politik. Banyak hal telah terjadi dan berubah, tapi kita tidak pernah saling meninggalkan. Kita saling membantu dan memperkuat.

Saya tahu bahwa ada banyak hal baik yang harus selalu kita pertahankan. Banyak pula hal tidak baik yang mesti kita tinggalkan. Tapi, kita akan selalu bersama, dalam segala suka dan duka. Kita sama-sama berkomitmen untuk tidak pernah meninggalkan saudara.

Sekian tahun kebersamaan, saya percaya, ada banyak buah manis di pohon persaudaraan kita. Saya yakin, semua niat baik dan kerja ikhlas kita pasti akan selalu mendatangkan hal baik. Sebab tak ada hasil yang mengkhianati proses.

Jangan lelah untuk berbuat baik. Kita kabarkan pada semua orang bahwa berkumpul dan bergerak karena niat mewujudkan mimpi selalu akan mendatangkan hasil yang baik. Kita akan ceritakan tentang indahnya semangat persaudaraan yang mengikat kita semua.

Saya tersentuh saat seorang saudara di Tinambung pernah berbisik, “Pak, jangan pernah meninggalkan kami.” Saya pun berjanji padanya bahwa pintu rumah saya selalu terbuka untuk siapa pun yang datang. Kita akan saling menguatkan, dan tidak pernah saling meninggalkan. Kita akan wakafkan diri kita untuk membantu orang lain.

Saat berkunjung ke Mamasa, seorang warga menitip pesan: “Jangan putus tali silaturahmi.” Saya tersentuh. Bagi saya, politik adalah jalan silaturahmi. Politik memberikan kekuatan bagi kita semua untuk membangun jembatan hati yang menghubungkan kita dengan semua orang.

Politik adalah jalan kemanusiaan yang membuat kita akan selalu kembali ke pangkuan masyarakat. Berkat politik, kita bisa bertemu dan sama-sama mengikat janji untuk saling menjaga persaudaraan.

Selama sekian tahun kita berjalan, saya belajar satu hal penting. Bahwa di luar dari semua perbedaan dan pertentangan, selalu ada jalan silaturahmi yang akan menyatukan semua orang. Berkat silaturahmi, hati kita akan selalu bertemu. Jiwa kita akan saling menjaga.

Kita akan sepakat untuk selalu jalan bersama.

Editor: Fathir

About Fathir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!