Home / Ekonomi & Bisnis / Ketersediaan Uang Cash Jelang Pemilu, BI Sulbar : Berapapun Yang Ingin Dicairkan Nasabah, Bisa Dipenuhi

Ketersediaan Uang Cash Jelang Pemilu, BI Sulbar : Berapapun Yang Ingin Dicairkan Nasabah, Bisa Dipenuhi

Spread the love

Mamuju — Perhelatan Pesta Demokrasi di indonesia cenderung berpengaruh ke perilaku nasabah perbankan dengan menarik sejumlah uang tabungannya. Maksud tujuannya pun beragam.

Pemilihan Umum secara serentak untuk memilih anggota legislatif ditingkat daerah maupun pusat serta Presiden dan Wakil Presiden sisa beberapa hari lagi, lantas bagaimana ketersediaan uang cash/tunai yang dimiliki sulawesi Barat ??

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Barat, Dadal Angkoro saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (5/04/2019) mengungkapkan bahwa ketersediaan uang tunai untuk sulawesi barat sejauh ini masih dalam posisi aman.

“Cadangan uang tunai kita sejauh ini aman, belum ada permintaan yang signifikan yang diminta oleh pihak Perbankan. Jadi berapapun uang tunai yang ingin dicairkan masyarakat selaku nasabah perbankan, bisa kami penuhi selama itu ada permintaan,” sebut KPw BI Sulbar, Dadal Angkoro

Mengenai situasi perbankan jelang Pemilu serentak yang sisa beberapa hari lagi tidak dipengaruhi oleh pemilihan umum. Ia pun menyangkal bahwa ada penarikan uang secara besar-besaran jelang pemilihan umum untuk digunakan sebagai alat politik.

“Tidak ada pengaruhnya (Pemilu 2019,red), apalagi ada penarikan uang secara besar-besaran, semua masih dalam kategori wajar,” ungkap Dadal

“fungsi kami selaku bank sentral ialah mengontrol likuiditas keuangan, dan sejauh ini di Sulbar masih normal dan stabil, jari tidak ada pengaruhnya dengan Pemilu. Kapanpun BI selalu siap mencairkan dana dalam bentuk cash jika ada permintaan,” tambahnya.

Adapun mengenai isu tidak dapatnya mencairkan simpanan uang di bank dengan nominal tertentu jelang Pemilu 17 April nanti, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Barat itupun menampik.

“Tidak ada aturan yang seperti itu (tidak dapat mencairkan uang simpanan,red),” tandas Dadal Angkoro.

About Fathir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!