Home / Nasional / HMI Bakal Tagih Janji Mentan Soal Harga Sawit di Sulbar

HMI Bakal Tagih Janji Mentan Soal Harga Sawit di Sulbar

Spread the love
  • 7
    Shares

MAMUJU — Pasca pertemuan Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Manakarra dengan Mentri Pertanian RI Amran Sulaiman pada perayaan Dies Natalis HMI ke-72 tahun yang berlangsung di Makassar 9-10 maret 2019 lalu.

Mentri Pertanian Republik Indonesia, Amran Sulaiman menyampaikan bahwa bahwa harga sawit saat ini memang sudah naik, sebab Pemerintah telah menerapkan biodiesel 20% (B20) dari kandungan minyak sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO).

Seperti yang diketahui, Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit di Sulawesi Barat (Sulbar) pada bulan Maret telah ditetapkan sebesar Rp. 1.035,3/Kg.

Jika dibandingkan dengan Harga TBS di Sumatera Selatan dan Kalimantan Barat, harga TBS Sulbar berada diurutan terbawah. Harga TBS Sawit di Sumsel sebesar Rp 1.403,99/Kg, dan harag TBS Si Kalbar sebesar Rp 1.258,77/Kg.

Menanggapi hal itu, Ketua Umum HMI Cabang Manakarra, Sopliadi menegaskan bahwa pihaknya akan menagih janji Mentan.

“Soal harga sawit ini sudah lama kami kawal, namun sampai saat ini belum ada hasil yang maksimal,” ucap Sopliadi.

Dirinya menyampaikan, terkait pertemuan HmI Manakarra dengan Menteri Pertanian, Amran Sulaiman di acara dies Natalis PB HMI di Makassar, HmI Cabang Manakarra menyampaikan bahwa dalam penetapan harga sawit di Sulbar, terkesan ditutup-tutupi.

“Yah, kami laporkan ke Mentan kalau setiap penetapan harga sawit di Sulbar, pihak perusahaan tidak pernah menyerahkan invois sesuai dengan aturan yang ada, sehingga Mentan berjanji akan memanggil dinas terkait,” lanjut Sopliadi.

Untuk itu, dirinya berjanji akan terus mengawal dan menangih janji Mentri Pertanian soal harga sawit. demikian Sopliadi. (*/ra)

About Fathir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!