Home / Nusantara / Taklimat Awal Wasrik Rutin Tahap I Itwasda Polda Sulbar, Ini Harapan Kapolda

Taklimat Awal Wasrik Rutin Tahap I Itwasda Polda Sulbar, Ini Harapan Kapolda

Spread the love
  • 7
    Shares

MAMUJU — Inspektorat Pengawasan Umum Daerah (Itwasda) Polda Sulbar kembali menggelar wasrik rutin guna mencegah terjadinya penyimpangan atau penyalahgunaan wewenang di masing-masing satker atau satuan kerja di lingkungan Polri.

Taklimat wasrik tahap I ini dipimpin langsung oleh Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs. Baharudin Djafar, M.Si di dampingi Irwasda Kombes Pol Muhamad Setyobudi Dwiputro, SIK, M.Si dan Kepala BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) Provinsi Sulbar, Selasa (12/3/19) di Aula Arya Guna Mapolda Jl. Kalubibing Mamunyu.

Turut hadir seluruh pejabat utama Polda Sulbar, masing-masing perwakilan satker, Kapolres jajaran atau yang mewakili dan staf / Unit BPKP Provinsi.


Mengawali Taklimat rutin ini, Irwasda Muhamad Setyobudi Dwiputro menyampaikan sambutannya terkait pelaksanaan Wasrik Tahap I, seperti harapan dan tujuan terselenggaranya Wasrik ini.

“Pelaksanaan wasrik kali ini lebih dititik beratkan sejauh mana aspek pengorganisasian, dan ketaatan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku. Saya mengharapkan kerjasama dan keterbukaan bukan untuk mencari kesalahan” ucap Irwasda.

Disamping itu, Irwasda juga mengajak seluruh peserta untuk menjadikan kegiatan ini sebagai konsultan di lapangan serta memberikan perbaikan pelaksaan kegiatan dalam rangka meminimalisir kemungkinan temuan dari BPK RI. Saya harap tim bekerja dengan sungguh-sungguh dan melaksanakan tugas dengan baik, tambahnya

Sementara itu, Kapolda Sulbar Baharudin Djafar dalam sambutannya mengatakan melalui penguatan pengawasan ini diharapkan agar seluruh jajaran dapat menjalankan tugas dan fungsinya secara profesional, transfaran dan akuntabel. Sedangkan dalam merubah pola pikir dan meningkatkan budaya kerja merupakan tugas bersama dimana proses ini memerlukan penyadaran akan tanggung jawab kemauan dan kesadaran pribadi tanpa terkecuali dari seluruh anggota polri.

“Saya menaruh harapan besar agar itwasda dapat berupaya maksimal mensinergikan seluruh kesatuan polri untuk dapat mempertahankan opini laporan keuangan Polri yang telah mendapat predikat WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) sejak tahun 2004 hingga 2018 yang lalu.” Tutur Kapolda.

Disamping itu, peran dan fungsi inspektorat pengawasan dituntut untuk dapat berperan maksimal dalam mencegah dan menghindari terjadinya penyalahgunaan anggaran melalui konsultasi bersama perwakilan BPKP Provinsi Sulbar dibidang manajemen di lingkungan Polri agar terus ditingkatkan pengawasan dan konsultasi intensif.

Oleh karena itu, melalui kegiatan ini saya minta kepada kasatker/kasatwil selaku obyek wasrik yangbterkait dalam kegiatan pemeriksaan ini, dapat memberikan informasi/data yang akurat dan benar kepada Tim dan apabilah mendapat temuan segera ditindak lanjuti agar temuan tersebut tidak berulang demi perbaikan institusi Polri, tutup Kapolda.

Rencana kegiatan wasrik tahap I terkait aspek perencanaan dan pengorganisasian ini akan berlangsung dari tanggal 12 sampai 29 maret di seluruh jajaran Polda Sulbar.

Editor: Iqbal

About Fathir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!