Home / Daerah / Dalam Semalam, Seratus Lebih Judul Buku Diresensi di Kemah Literasi

Dalam Semalam, Seratus Lebih Judul Buku Diresensi di Kemah Literasi

Spread the love
  • 170
    Shares

MAMUJU, RAKYATTA — Guna mengembangkan wawasan dan membangun sisi kritis akan karya sastra, 113 Peserta kemah literasi yang dilaksanakan di Pelataran Kompleks rumah Adat Mamuju, Sabtu Malam (24/11/2018) melakukan Resensi Buku yang merupakan koleksi Perpustakaan Daerah Kabupaten Mamuju.

Masing-masing peserta memilih buku dengan judul yang berbeda dengan peserta lain untuk kemudian di baca dan diulas kembali dengan mengikuti kaidah kepenulisan resensi.

Peserta akan menulis dari sudut pandang dan penilaiannya dari sisi kelebihan dan kekurangan Buku serta akan metambahkan informasi-informasi penting yang didapat dari buku yang diulasnya untuk kemudian di sajikan ke pembaca atau masyarakat umum.

Ketua Panitia Pelaksana Kemah Literasi Mamuju, Fauzan Basir Odang mengungkapkan Resensi Buku yang diikuti oleh seluruh peserta kemah literasi merupakan rangkaian dari kegiatan yang dilaksanakan oleh Kemah Literasi.

“Sebelumnya peserta telah kita beri materi-materi seperti motivasi dan tantangan menulis, teknik menulis karya sastra maupun trik menulis resensi yang dibawakan oleh penulis-penulis skala nasional seperti Yanuardi Syukur dan Gegge Mappangewa juga penulis lokal Sulbar, Adi Arwan Alimin dan Mirawati Pasolong. Diharapkan dengan menulis resensi ini dapat melahirkan semangat dan memupuk jiwa kepenulisan Peserta,” ungkapnya.

Sebelumnya Peserta telah mendapatkan materi tentang motivasi dan tantangan menulis, teknik menulis karya sastra maupun trik menulis resensi yang dibawakan langsung oleh Pemateri yang juga merupakan Seorang Penulis. Sebut saja Yanuardi Syukur diusianya yang ke 36 tahun kini telah melahirkan 90 lebih karya tulis, buku terakhir yang ditulis bergenre Biografi, dengan judul BUYA HAMKA : Memoar Perjalanan Hidup Sang Ulama (Tinta Medina, 2017).

Penulis Prestatif lain yang juga berbagi pengetahuan ialah Gegge Mappangewa yang beberapa karya cerpennya dimuat media nasional, karya lainnya ialah Novel Sajak Rindu dan Sabda Luka yang kini menjadi best seller. Kemudian ada Adi arwan Alimin Penulis Buku daeng rioso serta mirawati pasolong yang merupakan ketua Forum Lingkar Pena Sulawesi Barat.

Salah satu peserta, Kiki Arlinda Nurhadi mengungkapkan rasa senangnya dengan kegiatan kemah literasi yang salah satu kegiatannya ialah meresensi buku. Siswi kelas 11 Ilmu Islam Sosial MAN Mamuju tersebut berharap kegiatan serupa bisa menjadi rutin dilaksanakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Mamuju.

“Bagi saya kegiatan resensi buku ini sangat mengasikkan, sebelumnya kegiatan resensi ini pernah saya dapat waktu SMP tapi baru lagi di sini ikut kegiatan resensi buku, kegiatan ini sangat baik dan saya harap bisa lebih ditingkatkan,” ungkapnya.

Selain Kegiatan resensi buku, Kemah Literasi nantinya akan mengadakan lomba Deklamasi Puisi, Penulisan Cerpen dan juga Resensi Buku yang diadakan minggu (24/11/2018)

 

 

editor : Iqbal

About Fathir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!