Home / Nasional / Asri Anas Sebut Bangga Hj. Andi Depu Sebagai Pahlawan Nasional

Asri Anas Sebut Bangga Hj. Andi Depu Sebagai Pahlawan Nasional

Spread the love
  • 12
    Shares

MAMUJU — Anggota DPD RI asal Sulbar, Muhammad Asri Anas merasa bangga atas pengukuhan Hj. Andi Depu sebagai Pahlawan Nasional. Pengukuhan dilakukan oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Kamis (8/11/2018).

Asri Anas yang juga caleg DPR RI asal Sulbar ini mengatakan, pengukuhan tersebut merupakan kebanggan bagi Sulbar dan masyarakatnya.

“Kebanggaan kami tiada terkira. Beliau merupakan pahlawan yang sangat dihormati. Kisahnya banyak menginspirasi kami di Sulbar untuk berbuat bagi negara dan daerah,” ujar Asri Anas kepada wartawan, Kamis (8/11/2018).

Meski demikian menurut Asri, nama Hj. Andi Depu seharusnya sudah sejak lama dinobatkan menjadi Pahlawan Nasional.

“Seharusnya beliau sudah sejak lama meraih gelar ini. Bintang Maha Putra yang diberikan kepada beliau oleh Presiden Soekarno merupakan bukti bahwa sosoknya sangat berkontribusi bagi kemerdekaan Indonesia,” jelas caleg yang juga ketua DPW PAN Sulbar ini.

Lanjut Asri, penghargaan ini menjadi ajang refleksi bersama masyarakat Sulbar untuk senantiasa mencontoh pahlawan yang bernama lengkap Andi Depu Maraddia Balanipa itu. Anak muda Sulbar harus melakukan pengorbanan di bidang masing-masing demi Sulawesi Barat dan Indonesia.

Andi Depu merupakan satu-satunya pahlawan asal Sulbar yang dikukuhkan hari ini. Selain Hj. Andi Depu adapula Abdulrahman Baswedan yang merupakan kakek dari Anies Baswedan. Mr. Kasman Singodimedjo, Depati Amir, KH. Sjam’un, dan Ir. Pangeran Muhammad Noor.

Keputusan tersebut berdasarkan surat yang dikeluarkan Sekretaris Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan (Dewan GTK), Trisno Hendradi, tentang enam tokoh yang ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional.

Editor: Fathir

About Fathir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!