Home / Daerah / Pulau Karampuang disiapkan Jadi Pilot Project Paguyuban Instansi Vertikal

Pulau Karampuang disiapkan Jadi Pilot Project Paguyuban Instansi Vertikal

Spread the love
  • 17
    Shares

MAMUJU, RAKYATTA — Dalam rangka mendukung pembangunan daerah serta sinergitas antar instansi vertikal yang berada di Sulawesi Barat, Paguyuban yang terdiri atas seluruh instansi vertikal kementerian yang berada di Sulawesi Barat berencana menjadikan Pulau Karampuang sebagai Pilot Project Destinasi Terintegrasi yang berada di Mamuju.

Hal tersebut disampaikan, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulbar, Farida usai menggelar peringatan hari dharma karyadhika Selasa, (30/10/2018). Ia mengungkapkan paguyuban yang diinisiasi oleh BPKP Sulbar tersebut telah melakukan dua kali pertemuan bersama, dan dalam waktu dekat akan mengkoordinasikan program tersebut ke pemerintah daerah.

“Kita instansi vertikal bersatu, berinisiatif tentang apa sih wujud nyata yang kita lakukan untuk pembangunan di sulbar. Jadi kami masing-masing punya tupoksi kerja yang setelah kita bicarakan bersama, ternyata nyambung. dipilihlah Pulau Karampuang sebagai destinasi terintegrasi, nantinya disana akan ada Desa Sadar Hukumnya, kampung KB nya maupun pembinaan produk-produk industri rumah tangga,” ungkap Farida.

Destinasi terintegrasi yang dimaksud ialah menjadikan pulau karampuang bukan hanya sebagai destinasi wisata namun menjadi percontohan dalan peningkatan kapasitas dan kualitas masyarakat. Contohnya saja, instansi Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dapat melakukan pendampingan untuk menjadikan dan memastikan seluruh produk makanan yang berada di Pulau Karampuang Layak Komsusmsi atau memiliki label BPOM.

Khusus kepada instansi Kemenkumham, Farida mengungkapkan pihaknya akan mengambil bagian membentuk desa Sadar Hukum di Pulau Karampuang, sehingga nantinya selain wisata alam juga turut ada wisata desa sadar hukum.

“Kita berencana membentuk desa sadar hukum dengan melakukan pendampingan, adapun kriteria desa sadar hukum diantaranya rendah tingkat kriminalitas nya, pengguna narkobanya tidak ada, taat bayar pajak dan lainnya. Selain itu juga kita akan dampingi terkait legalitas kepemilikan usahanya, untuk merk produk akan kita upayakan bantu untuk mendapat pengakuan KI nya (Hak Kekayaan Intelektual,red),” papar Farida.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar mengapresiasi adanya upaya dari instansi vertikal yang berada di Sulawesi barat tersebut, menurutnya hal itu dapat mendukung pembangunan yang ada di Sulawesi Barat

“Kedepan ada kerjasama antar instansi vertikal yang berada di sulawesi barat, jadi disana akan ada destinasi multi dimensi, bukan hanya wisata alam saja, jadi nanti akan dibicarakan, BNN sumbang apa, BPKP sumbang apa, kemenkumham sumbang apa, kementerian agama sumbang apa, nantinkita adakan disana,” tandas Gubernur Sulbar

About Fathir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!